4 Inspirasi Desain Layout Untuk Kamar Tidur

kamar tidur

Sebuah rumah terdiri dari beberapa ruangan, salah satunya yakni kamar tidur. Ruangan ini merupakan tempat untuk merelaksasikan badan setelah seharian bekerja, tempat istirahat, dan tempat untuk berbagai kegiatan lainnya seperti membaca novel atau buku, bermain, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan bersantai. Sehingga banyak orang yang mendekorasi dan juga menentukan desain kamar tidur sesuai dengan keinginan masing-masing orang, demi mendapatkan tingkat kenyamanan yang maksimal. Untuk membuat sebuah ruangan sebagai tempat tidur yang terasa nyaman, cukup menggunakan furnitur yang menawan, dan kasur yang terasa empuk, serta pencahayaan yang baik.

kamar tidur

Emmy Cathy Hobbs salah seorang interior desainer, dan merupakan praktisi rumah, serta pemegang penghargaan, membagikan beberapa inspirasi dalam menata tata letak kamar tidur yang dimana sangat mudah untuk diterapkan dalam sebuah rumah. Terdapat 4 desain layout yang dapat kamu terapkan dalam mendesain kamar tidur, guna memberikan rasa nyaman yang tepat. Baik dalam kamar tidur yang memiliki ukuran kecil, sedang, hingga besar sekalipun. Empat contoh layout ini dapat diterapkan di semua ukuran ruangan. Berikut keempat inspirasi layout kamar tidur.

Tipe Loung Like

loung like

Apabila ukuran ruangan kamar tidur kamu sangat luas, akan dapat membuat suatu area bersantai yang terasa akan lebih menyenangkan, dan begitu nyaman, terlebih ketika pagi hari saat kita bangun tidur. Jika kamu ingin membuat sebuah ruang duduk di dalam kamar tidur, dapat kamu lakukan dengan cara meletakkan dua kursi maupun sofa yang memiliki ukuran kecil secara berhadapan, dan ditambahkan dengan meja yang juga berukuran kecil di antara kedua bangku tersebut.

Tipe Tiny

tiny

Tipe yang satu ini diperuntukkan bagi kamu yang memiliki ukuran ruangan kecil atau minimalis. Desain tata letak bertipe Tiny ini cocok dijadikan sebagai tempat tidur bagi para tamu kamu. Agar terlihat lebih luas, sebaiknya kamu menambahkan cermin. Untuk letak kasurnya, letakkan sejajar dengan pintu masuk kamar tidur, dan tambahkan meja kecil di sisi kasur.

Tipe Shared Space

shared space

Desain layout yang satu ini menciptakan dua area yang terpisah pada satu ruangan kamar tidur. Pada dasarnya, desain ini diaplikasikan ketika terdapat dua ataupun tiga orang yang tidur, dan mempergunakan satu ruangan yang sama. Supaya ruangan ini sempurna, kamu harus meletakkan nightstand di antara kedua kasur. Selanjutnya kamu dapat menambahkan rak buku di sudut tertentu.

Tipe Konvensional

konvensional

Layout konvesional ini terdiri dari satu ranjang tidur saja, dengan menggunakan lampu berdiri yang letaknya di seberang kasur, yang ditambahkan dengan lemari rias yang lengkap akan sebuah cermin. Adapun rumus dari tipe konvesional ini, yakni satu kasur, dua lampu serta lemari rias. Tujuan rumus ini agar ruangan terlihat tidak sempit.